Gas FM200: Solusi Proteksi Terkini untuk Pemadaman Api

You Are Here : Home / Fire Suppression Knowledge

Gas FM-200 Solusi Proteksi Terkini untuk Pemadaman Api

Ketika berbicara tentang keamanan dan proteksi dari kebakaran, penting untuk mempertimbangkan solusi terkini dan paling efektif yang tersedia. Salah satu solusi yang sangat efektif dan canggih adalah penggunaan Gas FM200. Gas FM200 telah terbukti menjadi salah satu solusi terdepan untuk pemadaman api di berbagai lingkungan, mulai dari bangunan komersial hingga ruang server yang sensitif. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang gas FM200, menguraikan manfaatnya, cara kerjanya, dan mengapa itu menjadi solusi proteksi terkini yang sangat diinginkan.

Apa Itu Gas FM200?

Gas FM200 adalah jenis gas yang digunakan untuk pemadaman api. Gas ini terdiri dari heptafluoropropane (HFC-227ea), yang merupakan senyawa kimia yang tidak bersifat korosif dan tidak meninggalkan residu setelah penggunaannya. Gas ini diketahui memiliki dampak rendah terhadap lingkungan dan manusia, membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk aplikasi di mana pemadaman cepat dan efisien diperlukan tanpa merusak barang atau peralatan di sekitarnya.

Gas FM200 memiliki sifat-sifat khusus yang membuatnya sangat efektif dalam memadamkan kebakaran. Ketika terjadi kebakaran, gas ini disemprotkan ke area yang terpengaruh untuk menghilangkan oksigen yang diperlukan untuk pembakaran. Proses ini disebut sebagai “pemadaman inert”, di mana gas tersebut menekan kebakaran dengan menghilangkan salah satu elemen yang diperlukan untuk membakar, yaitu oksigen. Hal ini menghentikan api dengan cepat dan efektif tanpa merusak barang atau peralatan yang ada di sekitarnya.

Bagaimana Gas FM200 Bekerja?

Ketika terjadi kebakaran, gas FM200 disemprotkan ke area yang terpengaruh untuk menghilangkan oksigen yang diperlukan untuk pembakaran. Proses ini disebut sebagai “pemadaman inert”, di mana gas tersebut menekan kebakaran dengan menghilangkan salah satu elemen yang diperlukan untuk membakar, yaitu oksigen. Hal ini menghentikan api dengan cepat dan efektif tanpa merusak barang atau peralatan yang ada di sekitarnya.

Manfaat Gas FM200

Pemadaman Cepat: Gas FM200 dapat memadamkan kebakaran dengan cepat dan efisien, mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran.

Tidak Merusak: Gas ini tidak meninggalkan residu atau merusak peralatan atau barang di sekitarnya, membuatnya cocok untuk digunakan di lingkungan yang sensitif.

Ramah Lingkungan: Gas FM200 memiliki dampak minimal terhadap lingkungan dan manusia, karena tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi merusak ozon.

Efisiensi Ruang: Karena gas FM200 berbentuk gas, ia dapat dengan mudah menjangkau dan menyebar ke seluruh area yang terpengaruh oleh kebakaran, bahkan di tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Keunggulan Gas FM200 Dibandingkan dengan Solusi Lainnya

Meskipun ada banyak solusi pemadam kebakaran yang tersedia, gas FM200 menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang sangat diinginkan:

Pemadaman Cepat: Gas FM200 menawarkan waktu respon yang sangat cepat dalam pemadaman kebakaran. Begitu gas disemprotkan ke area yang terkena dampak, reaksi pemadaman terjadi dengan segera. Hal ini sangat penting dalam situasi kebakaran di mana setiap detik sangat berharga. Dibandingkan dengan beberapa solusi pemadaman lainnya, gas FM200 dapat memadamkan api dengan lebih cepat, meminimalkan kerusakan dan risiko yang ditimbulkan oleh kebakaran. Kecepatan respons ini membuat gas FM200 menjadi pilihan yang sangat diinginkan untuk lingkungan di mana waktu pemadaman yang cepat diperlukan untuk menjaga keselamatan dan melindungi aset.

Tidak Merusak: Salah satu keunggulan utama gas FM200 adalah kemampuannya untuk tidak meninggalkan residu atau merusak barang atau peralatan di sekitarnya setelah pemadaman kebakaran. Ini berarti bahwa setelah kebakaran dipadamkan menggunakan gas FM200, tidak akan ada kerusakan tambahan yang disebabkan oleh residu atau zat kimia yang tertinggal. Hal ini sangat penting terutama di lingkungan yang sensitif atau di ruang di mana peralatan berharga atau bahan sensitif disimpan. Dengan tidak adanya residu, proses pembersihan dan pemulihan setelah kebakaran menjadi lebih cepat dan lebih efisien, mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk memulihkan lingkungan tersebut ke kondisi semula.

Keamanan: Gas FM200 adalah solusi pemadam kebakaran yang aman untuk digunakan di berbagai lingkungan, termasuk ruang server yang sensitif dan ruang komersial dengan peralatan berharga. Gas ini dirancang dengan sangat hati-hati untuk memastikan bahwa penggunaannya tidak membahayakan manusia atau lingkungan sekitarnya. Selain itu, gas FM200 juga tidak menyebabkan korosi atau kerusakan pada peralatan elektronik atau barang berharga lainnya yang mungkin ada di area yang terkena dampak. Keamanan penggunaan gas FM200 membuatnya menjadi pilihan yang sangat diandalkan untuk berbagai aplikasi, di mana keamanan dan integritas peralatan sangat penting untuk dipertahankan selama proses pemadaman kebakaran.

Cara Menghitung Biaya Sistem Pemadam Kebakaran FM200

Cara Menghitung Biaya Sistem Pemadam Kebakaran FM200

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menghitung anggaran biaya untuk pemasangan Fire Suppression System:

  • Identifikasi Aset yang Akan Diproteksi: Langkah awal dalam mendesain sistem proteksi kebakaran adalah mengetahui aset yang akan diproteksi. Ini akan membantu dalam menentukan jenis sistem proteksi kebakaran yang sesuai untuk melindungi aset tersebut. Misalnya, jika aset yang akan diproteksi adalah perangkat elektronik seperti komputer, server, atau peralatan SCADA, maka diperlukan sistem proteksi yang dapat mengatasi potensi kebakaran yang terkait dengan perangkat tersebut.
  • Ukur Luas Area dan Volume Ruangan: Untuk menghitung kebutuhan media pemadam kebakaran dan volume tabung FM200, penting untuk mengukur luas area dan volume ruangan yang akan dilindungi. Hal ini akan menjadi dasar perhitungan untuk menentukan jumlah dan kapasitas tabung FM200 yang diperlukan untuk pemadaman kebakaran yang efektif.
  • Lakukan Perhitungan Sesuai Standar dan Peraturan: Setiap perhitungan harus dilakukan sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku, baik itu peraturan nasional maupun internasional. Misalnya, perhitungan harus mengikuti standar SNI (Standar Nasional Indonesia) dan standar internasional seperti NFPA (National Fire Protection Association) untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi kebakaran yang berlaku.
  • Pilih Panel Master Control Fire Extinguishing System: Pemilihan Panel Master Control Fire Extinguishing System harus disesuaikan dengan jenis sistem proteksi kebakaran yang akan dipasang. Apakah sistem tersebut akan digunakan untuk single hazard atau multi hazard, serta apakah sistem tersebut konvensional, semi addressable, atau full addressable.
  • Tentukan Material yang Diperlukan: Material yang diperlukan untuk melengkapi sistem pemadam kebakaran otomatis FM200 harus dipilih dengan cermat. Ini termasuk material sensor kebakaran dan sistem deteksi yang sesuai, seperti Smoke Detector, Heat Detector, dan Flame Detector, serta material lainnya seperti sistem pembatalan atau Manual Abort Station, dan sistem alarm dini berupa suara seperti Alarm Bell, Sounder, dan Horn.
  • Hitung Kebutuhan Material Pendukung dan Instalasi Lainnya: Selain itu, perlu juga untuk menghitung kebutuhan material pendukung dan instalasi lainnya, seperti piping system dan kabel power maupun data yang dibutuhkan untuk menghubungkan perangkat input dan output ke panel kontrol FM200 fire system. Termasuk juga dalam perhitungan ini adalah kebutuhan pipa conduit dan aksesorisnya, serta estimasi kebutuhan kabel power dan kabel data yang diperlukan.
  • Estimasi Biaya Pemasangan: Biaya pemasangan FM200 fire suppression system harus diestimasi sesuai dengan skala proyek, kompleksitas desain, dan lokasi pekerjaan. Ini termasuk biaya untuk tenaga kerja, peralatan, dan material tambahan yang mungkin diperlukan selama proses pemasangan.

Susun Rencana Anggaran Biaya (RAB): Semua faktor yang mempengaruhi perhitungan harga pemasangan FM200 fire suppression system harus direkap dalam suatu Rencana Anggaran Biaya (RAB) atau Bill of Quantity. Ini akan memberikan gambaran yang jelas tentang perkiraan biaya yang diperlukan untuk pengadaan dan pemasangan sistem tersebut.

Daftar Harga Pengisian Ulang Clean Agent Gas

Harga yang tercantum dalam daftar ini merupakan harga pricelist tahun 2024 dan belum termasuk diskon serta pajak. Untuk mendapatkan harga terbaik, terutama untuk pembelian dalam jumlah besar, Anda dapat langsung menghubungi Layanan Penjualan kami.

FM-200®
Rp. 900.000 Per Kg

Kidde Fire System

Zero ODP [Ozone Depletion Potential]

Clean, no residue to clean up

Electrically non-conductive and non-corrosive

UL Component Recognized, FM Approved

NOVEC™ 1230
Rp. 1.100.000 Per Kg

Kidde Fire System – 3M™

Zero ODP [Ozone Depletion Potential]

Colorless, with low odor and no particulate

Electrically non-conductive and non-corrosive

UL Listed, ULC Listed, and FM Approved

MH-125®
Rp. 1.250.000 Per Kg

Waysmos®

Zero ODP [Ozone Depletion Potential]

Colorless liquefied gas, clean and no residue

Electrically non-conductive and non-corrosive

UL Recognized

[uta-template id="3755"]
[uta-template id="3763"]
[uta-template id="5237"]