8 Keunggulan FM-200 Fire Suppression

Ketika berbicara tentang keamanan dan perlindungan terhadap bahaya kebakaran, tidak dapat dipungkiri bahwa pemadam api menjadi salah satu elemen krusial dalam menjaga keamanan suatu ruangan atau bangunan. Dalam konteks ini, FM-200 Fire Suppression System muncul sebagai solusi canggih dan efektif untuk melawan ancaman kebakaran. Dengan teknologi terbaru dan keunggulan yang tak terbantahkan, sistem pemadam api ini telah menjadi pilihan utama banyak perusahaan dan organisasi.

Sebelum kita menyelami lebih dalam ke dalam 8 keunggulan FM-200 Fire Suppression System, penting untuk memahami betapa pentingnya perlindungan terhadap aset berharga dari potensi bahaya kebakaran. Dari pusat data hingga ruang server, laboratorium, dan berbagai lingkungan yang memerlukan perlindungan khusus, FM-200 telah terbukti menjadi solusi andal dan inovatif.

FM-200 Fire Suppression System, Apa Sih?

Jika ditanya mengenai FM-200 Fire Suppression System, jawaban yang paling mudah dimengerti adalah sebagai berikut: FM-200 Fire Suppression System adalah sistem pemadam kebakaran otomatis yang dapat mengatasi kebakaran dalam waktu kurang dari 10 detik menggunakan gas HFC-227ea.

Meskipun jawaban singkat ini memberikan gambaran dasar, sebenarnya kompleksitas FM-200 Fire Suppression System tidak sesederhana itu. Banyak pertanyaan lebih lanjut yang mungkin muncul. 

seperti “Bagaimana cara kerja sistem FM-200?”, “Apa syarat-syarat ruangan yang perlu dipenuhi untuk proteksi?”, “Bagaimana proses instalasi FM-200 Fire Suppression?”, “Bagaimana menggunakan FM-200 secara manual?”, “Berapa lama interval pengisian gas FM-200 atau refill FM-200?”, “Apa hubungan antara Halon dan FM-200?”, hingga pertanyaan-pertanyaan ‘bermanfaat’ lainnya.

Dengan begitu, penjelasan lebih lanjut diperlukan untuk memahami secara menyeluruh mengenai FM-200 Fire Suppression System dan menjawab segala kemungkinan pertanyaan yang mungkin timbul.

Sebelum kita merambah lebih jauh ke dalam pembahasan tentang serangkaian sistem Fire Suppression, penting bagi kita untuk memahami dengan seksama definisi secara tekstual dari sistem pemadam kebakaran otomatis ini.

Baiklah, mari kita kupas satu per satu makna dari setiap kata dan konsep yang terdapat dalam kalimat tersebut. Dengan demikian, kita dapat membangun pemahaman yang lebih kuat mengenai esensi dari sistem Fire Suppression, yang nantinya akan menjadi dasar bagi pembahasan lebih lanjut.

Definisi Secara Tekstual

Dalam pengertian yang sederhana, FM-200 Fire Suppression System sebenarnya adalah hasil kombinasi dari tiga kata yang digabungkan menjadi satu kalimat.

Agar kita bisa lebih paham, sebaiknya kita mengenal lebih dekat masing-masing kata tersebut, agar tidak ada kekeliruan dalam mengartikannya. Ketiga kata tersebut terdiri dari

FIRE+SUPPRESSION+SYSTEM

FM-200®

FM-200®, yang merupakan singkatan dari FireMaster 200, adalah merek terdaftar dari DuPont, perusahaan kimia terkemuka Amerika Serikat. Mereka mengembangkan gas pemadam api FM-200 sejak tahun 1802. Sebagai varian gas halon, FM-200 dirancang khusus untuk memadamkan kebakaran di ruangan tertutup yang tidak bersifat konduktif dan meninggalkan sedikit atau tanpa residu.

Selain itu, nama FM-200 adalah ciri khas dari salah satu produk industri manufaktur kimia terbesar di dunia, yaitu DuPont. Sejak pendiriannya pada tahun 1802, DuPont tetap menjadi pemimpin dan raksasa di industri manufaktur kimia. Popularitas nama FM-200 begitu besar sehingga setiap kali menemui sistem pemadam kebakaran dengan gas clean agent, kita selalu merujuknya dengan akrab sebagai FM-200.

Keunggulan gas pemadam kebakaran ini juga terletak pada ramah lingkungannya. FM-200 menjadi pilihan utama karena merupakan gas alternatif pertama yang tidak berpotensi merusak lapisan ozon [ODP / Ozon Depleting Potentia]. Sebagai pengganti Halon 1301 yang kini sudah dilarang, FM-200 mendapatkan tempat istimewa dalam sistem pemadam kebakaran modern. Dalam dunia kimia, FM-200 dikenal dengan nama Heptafluoropropane atau C3HF7, dan dalam nomenklatur kimia IUPAC, disebut sebagai 1,1,1,2,3,3,3-Heptafluoropropane.

Ringkasan Karakteristik Gas FM-200

Nama IUPAC : 1,1,1,2,3,3,3-Heptafluoropropane
Rumus : C3HF7
Massa Molar : 170.03 g/mol
Kepadatan : 1.46 g/cm3 at -16 °C
Titik Lebur : -131 °C (-204 °F; 142 K)
Titik Didih : -16.4 °C (2.5 °F; 256.8 K)
Atmospheric Lifetime : 31 hingga 42 tahun
Min. Concentrate Design : 7%
NOAEL : 9%
LOAEL : 10.5%
Nama Lain : HFC-227ea, Heptafluoropropane, Apaflurane, R-227ea dan HFC-227

HFC-227ea termasuk dalam kategori Halocarbon Agents dan masuk dalam daftar gas clean agent atau gas yang bersahabat dengan lingkungan. Jenis gas yang termasuk dalam kriteria gas ramah lingkungan dijelaskan secara rinci dalam “Table 1.4.1.2 Agents Addressed” pada edisi 2012 dari NFPA 2001.

Table 1.4.1.2 Agents Addressed

Gas clean agent adalah gas yang tidak mengandung klorin atau bromin, sehingga tidak berkontribusi terhadap penipisan lapisan ozon. Gas ini juga memiliki sifat-sifat lain yang membuatnya ideal untuk digunakan sebagai media pemadam kebakaran, yaitu tidak berwarna, tidak berbau, tidak meninggalkan residu, tidak menyebabkan korosi, dan tidak menghantar arus listrik.

Berikut adalah beberapa gas clean agent yang umum digunakan:

  • FM-200
  • FK-5-1-12 (Novec 1230)
  • HFC-236fa (MH236)
  • HFC-227ea (Solkaflam 227, Chemori 227, Orient 227, MH227, SR-200)

FM-200 memiliki masa hidup atmosfer yang relatif singkat, yaitu antara 31 hingga 42 tahun. Gas ini juga tidak mengandung unsur klorin atau bromin, sehingga tidak berkontribusi terhadap penipisan lapisan ozon.

HFC-227ea memiliki masa hidup atmosfer yang lebih panjang, yaitu sekitar 12 tahun. Gas ini juga tidak mengandung unsur klorin atau bromin, sehingga tidak berkontribusi terhadap penipisan lapisan ozon. Namun, perlu diperhatikan bahwa manusia tidak boleh terpapar gas HFC-227ea selama lebih dari 5 menit.

Konsentrasi desain gas clean agent yang efektif berkisar antara 6,25% hingga 9%. Namun, konsentrasi desain ini dapat disesuaikan berdasarkan tingkat bahaya yang ingin diproteksi. Umumnya, konsentrasi desain sekitar 7% seringkali menjadi pilihan yang tepat.

HFC-227ea dianggap mampu memadamkan segala jenis kebakaran di lingkungan ruang komputer dengan konsentrasi desain minimal 7%. Nilai persentase volume NOAEL (No Observable Adverse Effects Level) untuk gas HFC-227ea adalah 9.0%, sementara nilai persentase volume LOAEL (Lowest Observable Adverse Effects Level) adalah 10.5%.

Fire Suppression
3D ILUSTRASI FM-200

Dalam Bahasa Indonesia, istilah Fire Suppression memiliki arti penindasan api. Kadang-kadang, kita sering mendengar istilah Fire Suppressant, yang mengacu pada penekan api. Namun, dalam konteksnya, baik Fire Suppression maupun Fire Suppressant dapat diartikan sebagai upaya pemadaman api atau langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan kebakaran di dalam ruangan.

Sistem Pemadam Kebakaran atau Fire Suppression System merupakan bagian dari sistem proteksi aktif yang bekerja secara otomatis untuk mencegah dan memadamkan kebakaran. Berbeda dengan sprinkler, hydrant, atau alat pemadam portabel otomatis lainnya, cara kerja sistem ini tidak melibatkan penggunaan air. Sebaliknya, Fire Suppression System menggunakan bahan khusus, seperti gas pemadam atau bahan kimia tertentu, yang dirancang untuk dengan cepat dan efektif memadamkan api tanpa meninggalkan dampak kerusakan yang signifikan pada peralatan atau lingkungan sekitarnya.

System

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI], sistem diartikan sebagai kumpulan unsur yang terorganisir secara teratur sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh.

FM-200 Fire Suppression System, sebagai gabungan kompleks antara sistem deteksi dini kebakaran dan sistem pemadaman kebakaran, harus dapat berkolaborasi dan bersinergi secara efektif. Kedua sistem ini perlu bekerja secara harmonis, saling mendukung, dan berbagi tanggung jawab untuk mencapai satu tujuan bersama, yaitu melindungi area yang terpasang sistem ini dari risiko kebakaran. Kerjasama antara sistem pendeteksian dan pemadaman kebakaran menjadi kunci untuk memastikan respons yang cepat dan efisien dalam mengatasi ancaman kebakaran.

Setelah memahami apa itu  FM-200 Fire Suppression System, mari kita eksplorasi bersama keunggulan-keunggulan yang menjadikan FM-200 Fire Suppression System sebagai pilihan unggul dalam menjaga keamanan serta kelangsungan operasional di berbagai sektor.

Powerfull Clean Agent gas

Superion Clean Agent Gas FM-200 (HFC-227ea)

image image

Clean & Clear

Menghilang sepenuhnya tanpa meninggalkan jejak atau sisa sedikit pun.

image image

Quick Action

Dalam waktu kurang dari 10 detik, kebakaran apa pun pasti padam.

image image

Safe

Aman jika terpapar oleh manusia, sehingga Anda bisa tetap beraktivitas dan bernapas seperti biasa.

image image

Low Chemical Reactivity

Tidak korosif terhadap logam, aman jika terpapar karet, plastik, dan bahan lainnya.

image image

Daya Padam Super Tinggi

Keunggulan utama gas HFC-227ea adalah daya pemadamannya yang sangat tinggi.

image image

Non Conductive

Gas cair tanpa bahan dasar air, sehingga tidak menghantarkan listrik.

image image

Colorless & Odorless

Gas Clean Agent HFC-227ea memiliki karakteristik yang tidak berwarna dan tidak berbau.

image image

Non Ozon Depleting

Sangat ramah terhadap lapisan ozon dan tidak berpotensi menyebabkan pemanasan global.

Berapa Harga Isi Ulang Refilling Clean Agent Gas

Novec-1230 (FK-5-1-12)

Rp. 890.000
  • Kidde Fire System – 3M™
  • Zero ODP [Ozone Depletion Potential]
  • Colorless, with low odor and no particulate
  • Electrically non-conductive and non-corrosive
  • UL Listed, ULC Listed, and FM Approved
PROMO TERBATAS

FM-200® (HFC-227ea)

Rp. 800.000Spesial Bulan ini
  • Kidde Fire System
  • Zero ODP [Ozone Depletion Potential]
  • Clean, no residue to clean up
  • Electrically non-conductive and non-corrosive
  • UL Component Recognized, FM Approved

MH-125®

Rp. 1.100.000
  • Waysmos®
  • Zero ODP [Ozone Depletion Potential]
  • Colorless liquefied gas, clean and no residue
  • Electrically non-conductive and non-corrosive
  • UL Recognized

FE-36™

Rp. 900.000
  • DuPont™
  • Zero ODP [Ozone Depletion Potential]
  • Clean, no post-fire cleanup.
  • Electrically non-conductive
  • UL Listed

HALOTRON® I

-
  • American Pacific Corporation
  • Zero ODP [Ozone Depletion Potential]
  • Clean and safe
  • Electrically non-conductive and non-corrosive
  • UL Listed, ULC Listed

ARGONITE®

-
  • Waysmos®
  • Zero ODP [Ozone Depletion Potential]
  • Colorless liquefied gas, clean and no residue
  • Electrically non-conductive and non-corrosive
  • UL Recognized

Solusi Terkini untuk Perlindungan Maksimal

Dengan Sistem Pencegah Kebakaran Modern kami, Anda dapat merasakan perlindungan terdepan. Bisnis, karyawan, dan peralatan Anda kini terlindungi sepenuhnya. Teknologi cerdas kami secara otomatis mendeteksi dan menekan kebakaran pada peralatan berisiko tinggi seperti:

  • Pusat Data & Ruang Server
  • Ruang Laboratorium
  • Ruang Arsip
  • Ruang Pusat Kendali (Command Center)
  • Ruang Utility (Capacitor Bank/UPS)
  • Panel Listril
Solusi Terkini Perlindungan Maksimal
LAYANAN JASA KAMI

Our Serivices Provide Integrated Solutions

Isi Ulang Refilling Clean Agent Gas

Isi Ulang Refilling Clean Agent Gas

Melayani refilling isi ulang clean agent gas fire suppression: FM-200 (HFC-227ea), EFKA 5112, Novec-1230 (FK-5-1-12), Inergen, Argonite, RF-36 (HFC-236fa), dan CO2 System.

Pemasangan Instalsi Fire Suppression

Pemasangan Instalsi Fire Suppression

Melayani Jasa instalasi fire suppression system. Tim profesional kami menjamin pemasangan yang cepat, ramah lingkungan, dan sesuai standar tertinggi mulai dari perencanaan sistem hingga testing & commissioning.

Hydrostatic Testing

Hydrostatic Testing

Melayani jasa hydrotest tabung Fire Suppression yang wajib dilakukan setiap 5 tahun sekali untuk memverifikasi kekuatan dan keandalan semua komponen yang bekerja di bawah tekanan sesuai dengan standar CGA [Compressed Gas Association].

Service & Maintenance Fire Suppression

Service & Maintenance Fire Suppression

Jasa service dan maintenance Fire Suppression Systems sesuai prosedur NFPA dan standar pabrikan untuk semua merek. Layanan kami mencakup inspeksi dan testing harian, bulanan, 6 bulanan, tahunan, 2 tahunan, dan 5 tahunan.

Baca juga artikel lainnya:

Instalasi Pemipaan Gaseous Agent Fire Suppression Systems

Dalam dunia proteksi kebakaran, Gaseous Agent Fire Suppression Systems...

Cara Menghitung Kebutuhan Gas FM-200 Menurut Standar NFPA 2001 Edisi 2022

Apakah masih ada yang menggunakan rumus "Volume x 0,5463"...

Approval & Certification Clean Agent Gas FM-200 Fire Suppression System

KIDDE - FENWALDengan lebih dari satu abad pengalaman sejak...

MSDS Gas Clean Agent Fire Suppression System Semua Merek Lengkap

Definisi MSDS [Material Safety Data Sheet] MSDS [material safety...

Jenis-Jenis Gas Clean Agent Sesuai Standar NFPA

Ketika membahas tentang bahaya kebakaran, respons yang cepat dan...

Flowchart Cara Kerja FM-200

Pernahkah kamu menyadari bahwa FM-200 Fire Suppression System memiliki...

Let’s Start a Cool Project
Together